Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Tentang Stunting Yang Diintegrasikan Dengan PAUD Dan BKB

KANALDESA.ID (Karanganom, Klaten) — Pemenuhan gizi pada anak balita dan bayi penting dilakukan. MPASI digadang-gadang jadi solusi pencegahan stunting. MPASI dalam prakteknya diberikan pada balita diatas 6 bulan sampai umur 2 tahun.  

“MPASI adalah suatu upaya yang paling baik untuk diberikan kepada anak dibawah 2 tahun, karena MPASI merupakan salah satu standar emas pemberian makanan untuk bayi dan anak. Standar emas itu ada empat: IMD, ASI ekslusif 6 bulan, setelah 6 bulan diberikan MPASI sampai usia 2 tahun, kemudian ASI diteruskan sampai umur 2 tahun. 

Terkait dengan MPASI menjadi penting diberikan kepada anak dibawah 2 tahun adalah ketika anak dibawah 2 tahun dengan pemberian MPASI yang kurang tepat maka terjadi beberapa gangguan pertumbuhan mulai dari penurunan berat badan tidak seimbang (sesuai dengan umur), sehingga nanti ketika berumur 2 tahun ke atas, anak mengalami gangguan pertumbuhan yang lebih berat lagi. 

Sedangkan, ketika anak diberikan MPASI tepat dari 6 bulan sampai 24 bulan hasilnya mengalami pertumbuhan yang ideal, sehingga akan terputuslah masalah stunting,”jelas petugas gizi puskesmas Karanganom, Hartono kepada KANALDESA.ID di Aula Joglo Desa Brangkal, Karanganom (3/11) pagi.

Sementara itu, Bidan desa Brangkal mengaku kegiatan peningkatan kapasitas kader posyandu dan guru PAUD sudah memasuki tahun ketiga. 

“Harapannya agar kader posyandu dan guru PAUD semakin meningkat pemahaman tentang upaya-upaya untuk pencegahan stunting, dimana ada kegiatan proses belajar mengajar di kegiatan BKB dan PAUD bisa terdeteksi seawal mungkin adanya penyimpangan tumbuh kembang bayi dan balita,”tutur Rina Setyowati. 

Sedangkan, kepala desa Brangkal, Haryanta, juga sependapat dengan harapan peningkatan kapasitas kader posyandu dan guru PAUD. “Harapannya semua bisa sehat, tidak ada yang stunting atau penyakit lainnya (covid19),” tutupnya. (MH/Red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply