Peringati Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2020, Presiden Serahkan Jutaan Sertipikat

KANALDESA.ID (Klaten,Jawa Tengah) — Presiden Ir. Joko Widodo kembali menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat. Dalam suasana pandemi, penyerahannya secara virtual, tapi jumlahnya tidak biasa: satu juta lembar sertifikat kepada masyarakat di 31 provinsi.

Penyerahan sertifikat ini dilakukan sebagai rangkaian peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional tahun 2020.

Tiga puluh penerima sertifikat sebagai perwakilan hadir secara langsung di Istana Negara, Senin (09/11), sementara para penerima lain mengikuti jalannya acara melalui konferensi video.

Sebagai catatan, Kementerian ATR/BPN telah berhasil mensertifikatkan sebanyak 5,4 juta bidang lahan pada tahun 2017, sebanyak 9,3 juta pada tahun 2018, dan 11,2 juta pada tahun 2019. Tahun ini, situasi pandemi membuat target sertifikasi lahan menjadi 7.370.510 bidang dan telah terealisasi sebanyak 6,5 juta bidang.

Menurut Presiden Republik Indonesia dalam Pidato di Istana Negara yang diikuti oleh para penerima Sertipikat Secara Virtual disampaikan, “Dalam rangka bulan Bhakti Agraria dan Tata Ruang, hari ini saya akan bagikan 1.000.000 sertipikat tanah pada masyarakat di 31 Provinsi dan 201 Kabupaten/Kota. Satu juta sertipikat tanah ini jumlah yang sangat besar sekali”

Kemudian, Presiden Joko Widodo menyatakan “Mengingat sebelum adanya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ditahun 2017 setiap tahunnya kita hanya mampu mengeluarkan kurang lebih 500.000 sertipikat tanah di Indonesia,”jelas Presiden RI Joko Widodo.

Pada kegiatan yang sama, seluruh Kantor Pertanahan melaksanakan Penyerahan sertipikat secara simbolis bersama para Kepala Daerah masing-masing serta mengikuti acara penyerahan Sertipikat oleh Presiden Republik Indonesia termasuk di Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten yang mengikuti pelaksanaan penyerahan sertipikat oleh Presiden Republik Indonesia menyerahkan Sejuta sertipikat untuk rakyat. (MH/Red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply