Tarif Rp30 Ribu, Tiket Bus Wisata Ke Rowo Jombor dan Girpasang, Ini Rutenya …

KANALDESA.ID (Klaten, Jawa Tengah) — Pemkab Klaten bersama Perum DAMRI resmi meluncurkan bus khusus wisata. Keberadaan armada khusus tersebut diharapkan meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Klaten.

Armada DAMRI ini melayani rute ke Kampung Wisata Girpasang dan Rowo Jombor. Lantas berapa harga tiket satu kali perjalanan yang harus dibayar wisatawan?

Bus wisata yang beroperasi di Kabupaten Klaten menggunakan kendaraan jenis van Mercedes-Benz Sprinter dengan 10 tempat duduk penumpang yang bisa digeser dan dilengkapi leg rest dan foot rest sehingga menunjang kenyamanan penumpang. Serta armada jenis mini-van Toyota HiAce dengan 14 kursi penumpang yang relatif lega.

General Manager DAMRI Cabang Yogyakarta, Boy Aryadi mengatakan selama uji coba trayek, pihaknya mematok tarif Rp 30.000 untuk rute Terminal Ir.Soekarno—Bandara YIA dan Terminal Ir.Soekarno—Kampung Girpasang. Sementara untuk rute Terminal Ir.Soekarno-Rowo Jombor Rp 15.000 untuk sekali perjalanan.

“Untuk sementara dilakukan uji coba selama dua pekan, pemberangkatan pagi dari Terminal Ir.Soekarno setiap harinya,” ungkapnya saat ditemui di Kampung Girpasang, Selasa (29/3/2022).

Menurutnya terlibatnya DAMRI sebagai penyedia jasa transportasi wisata ini tidak terlepas dari peningkatan pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur. Menurutnya Klaten memiliki potensi wisata yang bisa lebih dikembangkan.

“Karena kaitannya peningkatan pariwisata sebagai penggerak ekonomi, kami ingin masuk disana, menstimulasi di sana, baik Rowo Jombor maupun Girpasang. Roda ekonomi masyarakat ikut tergerak. Salah satu penggerak yang harus ada adalah transportasi, kami menyediakan itu,” ungkapnya.

Kepala Dishub Klaten, Supriyono mengatakan hadirnya bus wisata tersebut merupakan kerja sama DAMRI dan Pemkab Klaten dalam rangka meningkatkan kunjungan ke destinasi wisata unggulan di Klaten. Dengan beroperasinya moda transportasi khusus itu, diharapkan akses wisatawan ke Klaten semakin mudah dan semakin banyak yang berwisata ke Klaten.

“Uji coba dilakukan di dua destinasi unggulan, Rowo Jombor dan Girpasang. Ke depan, jumlah destinasi wisata yang dijangkau bus wisata akan ditambah secara bertahap,” pungkasnya. (ist/red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply