Peringati Hari CTPS Sedunia, Ibu-Ibu PKK Praktek Dipandu Petugas Puskesmas

KANALDESA.ID (Karanganom, Klaten) — Hari ini, Senin (05/10) diadakan Hari Cuci Tangan Sedunia oleh ibu-ibu PKK bertempat di Aula kantor desa Brangkal, Karanganom, Klaten. 

Pemateri dalam acara tersebut dipandu dari petugas puskesmas Karanganom tentang Lima Pilar STBM.

“Yakni, Lima Pilar STBM terdiri dari:

1. Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS): Suatu kondisi ketika setiap individu dalam suatu komunitas tidak lagi melakukan perilaku buang air besar sembarangan yang berpotensi menyebarkan penyakit.

2. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS): Perilaku cuci tangan dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun. 

3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan di Rumah Tangga (PAMM-RT): Melakukan kegiatan mengelola air minum dan makanan di rumah tangga untuk memperbaiki dan menjaga kualitas air dari sumber air yang akan digunakan untuk air minum, serta untuk menerapkan prinsip higenis sanitasi pangan dalam proses pengelolaan makanan di rumah tangga.

4. Pengamanan Sampah Rumah Tangga: Melakukan kegiatan pengolahan sampah di rumah tangga dengan mengedepankan prinsip mengurangi, memakai ulang, dan mendaur ulang.

5. Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga: Melakukan kegiatan pengolahan limbah cair di rumah tangga yang berasal dari sisa kegiatan mencuci, kamar mandi dan dapur yang memenuhi standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan yang mampu memutus mata rantai penularan penyakit, ” tutur Ummu Syarifah Khasanah. 

Dirinya, menambahkan Manfaat 5 pilar STBM.”Adanya lima pilar STBM akan membantu masyarakat untuk mencapai tingkat higinis yang paripurna, sehingga akan menghindarkan mereka dari kesakitan dan kematian akibat sanitasi yang tidak sehat, “urainya. 

Sementara itu, Kepala Desa Haryanta kepada kanaldesa.id mengatakan, warganya sudah tertib dalam pencegahan dan penyebaran covid19. 

“Warga Brangkal, sudah sejak awal mau dan peduli kesehatan. Dengan protokol kesehatan dapat memutus mata rantai penyebaran covid19, “tuturnya. (MH/Red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply